Kajian #JakartakeDepan, Dinas PPAPP Sampaikan Berbagai Layanan Terobosan Bagi Keluarga

Kamis, 09 Juni 2022 Reporter: Yudha Peta Ogara Editor: Erikyanri Maulana 1600

Kajian #JakartakeDepan, Dinas PPAPP Sampaikan Berbagai Layanan Terobosan Bagi Keluarga

(Foto: Istimewa)

Pemprov DKI Jakarta mengadakan Kajian #JakartakeDepan dengan tema Jakarta Berdaya Melalui Keluarga Berencana secara daring pada Kamis (9/6).

Jadi dari 34 provinsi kita masih menempati urutan pertama

Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta pada kesempatan itu menyampaikan berbagai program berkaitan dengan pembangunan keluarga untuk kepentingan kemajuan Jakarta ke depan.

Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mensyukuri hal-hal yang telah dicapai bersama dengan seluruh komponen penggerak pembangunan di Provinsi DKI Jakarta. Salah satu indikatornya yakni Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dari waktu ke waktu mengalami peningkatan.

"Di tahun 2021, DKI Jakarta dengan 81,11 angka IPM, masih menempati urutan pertama untuk di Indonesia. Jadi dari 34 provinsi kita masih menempati urutan pertama," katanya.

Angka-angka yang membangun IMP itu terdiri dari tiga komponen dasar. Variabel-variabelnya merepresentasikan angka harapan hidup yakni tingkat kesehatan, pendidikan, dan perekonomian.

"Ketiga komponen itu membentuk IPM yang kita capai sampai hari ini, yang masih terbaik. Mengenai isu kependudukan yang tidak terlepas juga dari isu keluarga berencana, IPM bisa dilengkapi dengan indeks-indeks lainnya, indeks pembangunan keluarga misalnya," ujar Tuty.

Mengenai keluarga berencana, ia menyampaikan paparan dengan poin gambaran umum, visi misi gubernur, delapan fungsi dan lima dimensi keluarga, layanan Pemprov DKI Jakarta, pembangunan keluarga, dan pelayanan keluarga. Tuty mengatakan, visi gubernur tahun 2017-2022 adalah Jakarta kota maju, lestari, berbudaya yang warganya terlibat mewujudkan keberadaban, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua.

Dari visi tersebut, misi pertama yang memayungi Dinas PPAPP yakni menjadikan Jakarta kota aman, sehat, cerdas, berbudaya dengan memperkuat nilai-nilai keluarga dan memberikan ruang kreativitas melalui kepemimpinan yang melibatkan, menggerakkan, dan memanusiakan.

Dalam pelaksanaannya, Pemprov DKI Jakarta antara lain menginisiasi layanan kesejahteraan keluarga satu pintu dengan pendataan keluarga secara terpadu satu pintu. Kegiatan itu dilaksanakan secara kolaborasi oleh Dinas PPAPP dengan Tim Penggerak PKK yang melibatkan 76.114 orang anggota dasawisma PKK. Kegiatan lain yang merupakan terobosan adalah Pos Sahabat Perempuan dan Anak (Pos SAPA). Pos tersebut sudah ada di BUMD, halte-halte, stasiun, perguruan tinggi, dan di 324 RPTRA.

Banyak lagi kegiatan yang sudah dilakukan secara kolaboratif dan disampaikan dalam kajian itu. Misalnya, kampanye antikekerasan yang belum lama ini mendapat penghargaan dari MURI. Pihaknya menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi, BUMD-BUMD, Polda Metro Jaya, LSM/NGO, komunitas, dan banyak lagi.

BERITA TERKAIT
307 Warga RW 08 Kelurahan Kalibaru Nikmati Layanan Biduk

307 Warga RW 08 Kelurahan Kalibaru Nikmati Layanan Bina Kependudukan

Rabu, 08 Juni 2022 2404

TP PKK DKI Gelar Kunker ke Sekretariat RW 05 Pasar Manggis 2

TP PKK DKI Gelar Kunker ke Sekretariat RW 05 Pasar Manggis

Rabu, 08 Juni 2022 1485

Fery Farhati Apresiasi Keberadaan PIK Keluarga di RW 08 Jatipulo

Fery Farhati Apresiasi PIK Keluarga di RW 08 Jatipulo

Kamis, 02 Juni 2022 1900

BERITA POPULER
Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 306736

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

Jumat, 10 Juli 2015 284622

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 283616

 4500 Warga Ramaikan Karnaval KBT

Karnaval KBT Dipadati Ribuan Warga

Minggu, 30 Agustus 2015 282309

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260219

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks