Pemprov DKI Jakarta Gelar Diskusi Lingkungan #JakartakeDepan

Kamis, 07 Juli 2022 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Erikyanri Maulana 1921

Pemprov DKI Jakarta Gelar Diskusi Lingkungan#JakartakeDepan

(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar diskusi publik Lingkungan#JakartakeDepan dengan tema Menuju Jakarta yang Bersih, Asri, Sehat dan Berketahanan secara daring serta disiarkan live melalui kanal youtube Pemprov DKI Jakarta.

Tujuannya Jakarta berkelanjutan dengan pembangunan terencana

Kepala Biro Pembangunan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta, Iwan Kurniawan mengatakan, kegiatan diskusi sebagai upaya menjaring aspirasi dari publik menuju Jakarta yang bersih, asri dan berketahanan. Selama ini Pemprov DKI Jakarta sudah berkomitmen menjadi kota berketahan dan berkelanjutan.

"Jakarta berkomitmen berketahanan iklim tahun 2030 melalui penurunan gas emisi kaca 30 persen dan merambat zero emition di 2050," ujarnya, Kamis (7/7).

Berbagai upaya juga sudah dilakukan sebagai implementasinya seperti kebijakan yang pro terhadap transportasi massal, penggunaan bus listrik serta penyediaan ruang terbuka hijau yang terus digalakkan. Namun demikian, pihaknya tetap berharap ada masukan dari publik untuk menyempurnakan rencana dan implementasinya agar mampu menghadapi perubahan iklim serta tidak lagi menjadi ibu kota.

"Tujuannya Jakarta berkelanjutan dengan pembangunan terencana memperhatikan kelestarian dan keseimbangan lingkungan hidup sehingga bisa menjamin keberlangsungan kehidupan generasi masa kini dan masa depan," tegasnya.

Ahli Bidang Pengawasan dan Penyelidikan Lingkungan Hidup, Bambang Pramudyanto mengatakan, dari pengamatan yang dilakukan selama ini persoalan sampah di laut masih menjadi isu strategis DKI. Namun diakui, agar dapat menuntaskan persoalan dibutuhkan peran pemerintah pusat lantaran penanganan sungai sebagai sumber sampah melibatkan sejumlah daerah sekitar DKI Jakarta.

"Butuh integrated coastal management. Pemerintah Pusat harus terlibat juga,” tegasnya.

Selain itu Bambang menyoroti minimnya sumber daya pengawasan yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta. Alhasil, pengawasan terhadap ribuan usaha yang potensial menebarkan limbah dan sampah tidak bisa maksimal.

"Seharusnya DKI juga punya penyuluh lingkungan hingga tingkat kelurahan dan kecamatan," ucapnya.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengakui jajarannya masih minim SDM pelaksana pengawasan. Ke depan, ini bakal menjadi perhatian agar bisa ditingkatkan.

Mengenai strategi penanganan pencemaran, Asep mengaku sudah menyusun action plan di antaranya, strategi pengendalian pencemaran air dengan melakukan pengembangan penyediaan sumber air melalui 3R dalam pengelolaan air minum/air bersih di setiap kota, pemulihan baku mutu air sungai, situ/waduk, laut dan air tanah.

Kemudian strategi pengendalian pencemaran udara di antaranya melalui peningkatan tata kelola pengendalian pencemaran udara, pengurangan emisi pencemar udara dari sumber bergerak dan pengurangan emisi pencemar udara dari sumber tidak bergerak.

"Kita juga sudah memiliki strategi pencegahan banjir serta strategi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Kajian#JakartakeDepan Bahas Tantangan Penyelenggaran Kesejahteraan Sosial

Kajian #JakartakeDepan Bahas Tantangan Penyelenggaran Kesejahteraan Sosial

Kamis, 21 April 2022 1141

Kajian #JakartakeDepan, Upaya Pemenuhan Hak Perempuan Semakin Penting

Kajian #JakartakeDepan, Upaya Pemenuhan Hak Perempuan Semakin Penting

Kamis, 09 Juni 2022 1905

BERITA POPULER
Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 306736

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

Jumat, 10 Juli 2015 284622

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 283616

 4500 Warga Ramaikan Karnaval KBT

Karnaval KBT Dipadati Ribuan Warga

Minggu, 30 Agustus 2015 282309

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260219

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks